Jumat, 16 November 2012

Objek Wisata Kerta Gosa


Kerta Gosa
               Kerta Gosa berada di pusat kota Kabupaten Klungkung. Sekitar 40 km dari kota Denpasar ke arah timur dengan melintasi by pass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra. Lokasinya tepat di depan kantor Bupati Kabupaten Klungkung.


 
              Bangunan Kerta Gosa adalah bagian dari komplek bangunan kerajaan Klungkung yang dibangun pada tahun 1686 oleh pemegang kekuasaan pertama yaitu Ida I Dewa Agung Jambe. Pada jaman dahulu Kerta Gosa adalah tempat diskusi mengenai situasi keamanan, keadilan, dan kemakmuran wilayah kerajaan Bali, atau disebut dengan tempat pengadilan di Bali pada jaman dulu.
             Kerta Gosa terdiri dari dua buah bangunan, yaitu Bale Kerta Gosa dan Bale Kambang. Bangunan Bale Kambang dikelilingi kolam yang disebut Taman Gili. Keunikan dari kedua bangunan tersebut adalah pada langit – langit bangunan terdapat lukisan wayang, yang mengambarkan kasus yang disidangkan, serta jenis – jenis hukuman yang akan diterima jika melakukan kesalahan. Disamping itu lukisan –lukisan tersebut juga menceritakan hukum karma pahala atau akibat dari baik buruknya perbuatan manusia yang dilakukan selama hidupnya dan penjelmaan kembali kedunia untuk menebus semua dosa dari perbuatannya.
               Selain kedua bangunan tersebut juga terdapat museum yang ramai dikunjungi wisatawan. Museum itu menyimpan benda – benda bersejarah peninggalan kerajaan Klungkung dan benda – benda yang digunakan oleh pengadilan adat tradisional Bali pada jaman dulu.


         Wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 15.000 sudah termasuk menggunakan sarung dan selendang sebelum memasuki areal Kerta Gosa. Selain itu, banyak Bali photographer yang melakukan pre wedding photo di Kerta Gosa. 

              Di sebelah areal parkir Kertagosa juga terdapat pertokoan dan pasar seni. Para pedagang banyak menjual barang-barang kerajinan seperti kain tenun, perhiasan emas dan perak, lukisan wayang, dan anyam-anyaman. Pedagang acung juga tidak kalah menjajakan dagangannya di sekitar areal parkir. Kertagosa tempat wisata di Bali, ramai dikunjungi wisatawan terutama pada saat liburan sekolah dan hari raya. 

             Daerah wisata yang terkenal di Klungkung selain Kertagosa adalah desa Kamasan yang merupakan desa pusat kerajinan uang kepeng, kerajinan perak, lukisan wayang serta tempat wisata pura Goa lawah, yang didalam pura terdapat goa kelelawar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar