Jumat, 16 November 2012

Objek Wisata Kerta Gosa


Kerta Gosa
               Kerta Gosa berada di pusat kota Kabupaten Klungkung. Sekitar 40 km dari kota Denpasar ke arah timur dengan melintasi by pass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra. Lokasinya tepat di depan kantor Bupati Kabupaten Klungkung.


 
              Bangunan Kerta Gosa adalah bagian dari komplek bangunan kerajaan Klungkung yang dibangun pada tahun 1686 oleh pemegang kekuasaan pertama yaitu Ida I Dewa Agung Jambe. Pada jaman dahulu Kerta Gosa adalah tempat diskusi mengenai situasi keamanan, keadilan, dan kemakmuran wilayah kerajaan Bali, atau disebut dengan tempat pengadilan di Bali pada jaman dulu.
             Kerta Gosa terdiri dari dua buah bangunan, yaitu Bale Kerta Gosa dan Bale Kambang. Bangunan Bale Kambang dikelilingi kolam yang disebut Taman Gili. Keunikan dari kedua bangunan tersebut adalah pada langit – langit bangunan terdapat lukisan wayang, yang mengambarkan kasus yang disidangkan, serta jenis – jenis hukuman yang akan diterima jika melakukan kesalahan. Disamping itu lukisan –lukisan tersebut juga menceritakan hukum karma pahala atau akibat dari baik buruknya perbuatan manusia yang dilakukan selama hidupnya dan penjelmaan kembali kedunia untuk menebus semua dosa dari perbuatannya.
               Selain kedua bangunan tersebut juga terdapat museum yang ramai dikunjungi wisatawan. Museum itu menyimpan benda – benda bersejarah peninggalan kerajaan Klungkung dan benda – benda yang digunakan oleh pengadilan adat tradisional Bali pada jaman dulu.


         Wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 15.000 sudah termasuk menggunakan sarung dan selendang sebelum memasuki areal Kerta Gosa. Selain itu, banyak Bali photographer yang melakukan pre wedding photo di Kerta Gosa. 

              Di sebelah areal parkir Kertagosa juga terdapat pertokoan dan pasar seni. Para pedagang banyak menjual barang-barang kerajinan seperti kain tenun, perhiasan emas dan perak, lukisan wayang, dan anyam-anyaman. Pedagang acung juga tidak kalah menjajakan dagangannya di sekitar areal parkir. Kertagosa tempat wisata di Bali, ramai dikunjungi wisatawan terutama pada saat liburan sekolah dan hari raya. 

             Daerah wisata yang terkenal di Klungkung selain Kertagosa adalah desa Kamasan yang merupakan desa pusat kerajinan uang kepeng, kerajinan perak, lukisan wayang serta tempat wisata pura Goa lawah, yang didalam pura terdapat goa kelelawar.

1 komentar:

  1. Sudah berkali-kali saya mencari tempat yang menyediakan pesugihan,mungkin lebih dari 15 kali saya mencari paranormal mulai dari daerah jawa Garut,Sukabumi, cirebon, semarang, hingga pernah sampai ke bali ,namun tidak satupun berhasil, niat mendapat uang dengan jalan pintas namun yang ada malah kehabisan uang hingga puluhan juta, suatu hari saya sedang iseng buka-buka internet dan menemukan website dari ustad hakim, sebenarnya saya ragu-ragu jangan sampai sama dengan yang lainnya tidak ada hasil juga, saya coba konsultasikan dan bertanya meminta petunjuk pesugihan apa yang bagus dan cepat untuk saya, nasehatnya pada saya hanya disuruh YAKIN dan melaksanakan apa yang di sampaikan pak.ustad, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Alhamdulilah akhirnya 2M yang saya tunggu-tunggu tdk mengecewakan, yang di janjikan cair keesokan harinya, kini saya sudah melunasi hutang-hutang saya dan saat ini saya sudah memiliki usaha sendiri di jakarta, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi ustad.hakim bawazier di 085210335409 atau kunjungi wibsitenya agar lebih di mengerti http://pesugihan-islami88.blogspot.co.id/ tidak langsung datang ke jawa timur juga bisa, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah hasilnya sama baik

    BalasHapus