Jumat, 16 November 2012

Objek Wisata Gua Maria

Gua-Maria-Sendangsono
Sendangsono berasa dari 2 (dua) kata bahas Jawa, yaitu Sendang (mata air) da sono (pohon sono), yang berarti mata air di bawah sebatang pohon Sono. Gua Maria Sendangsono berada di wilayah Paroki Promasan, Kalibawang, Kulonprogo, Yogyakarta. Dahulu sumber mata air ini bernama sumber Semagung, salah satu dari tiga mata air di daerah tersebut. Kalibawang terhitung sebagai daerah yang kekurangan air. Masyarakat setempat sukar sekali menggali sumur. Hanya ada tiga sumber air di tempat itu, yaitu Beji Klangon, Tuksanga yang terletak di antara Gereja Plasa dan tempat peziarah,m serta Semagung yang disebut Sendangsana bertuah. Sejak awal, Sendangsono dipandang istimewa, dibanding kedua sendang lainnya.
Menurut cerita para tetua setempat, para Bikkhu Buddha yang pulang dari candi Borobudur ke vihara, memilih air Sendangsono untuk diminum. Sementara itu, masyarakat sekitar meyakini tempat itu didiami segala macam roh. Sebab itu, selama bertahun2 mereka mengadakan selamatan dan sesaji bagi roh yang menguasai sendang tersebut. Konon roh mendiami pohon - pohon sono yang tumbuh subur di sekitar sendang tsb. Latar belakang tsb menjadi sumber inspirasi untuk menjadikannya sebagai tempat kudus.
Tempat yang dulunya diyakini sebagai tempat tinggal roh, diubah menjadi tempat bersemayam Bunda Maria yang tak bernoda. Pada tgl 14 Desember 1904, Pastor Van Lith SJ, seorang misionaris Belanda, tiba di Semarang. Beliau memberkati sumber air itu untuk membaptis 173 orang, rombongan pertama orang Katolik yang dipermandikan di Jawa Tengah. Momen bersejarah ini terukir di sebuah tembok yang terletak di dekat dengan altar utama Gua Sendangsono. Sejak saat itu, tempat itu terkenal sebagai tempat ziarah Bunda Maria. Gua Maria Sendangsono dianggap sebagai Gua Lourdes-nya Asia Tenggara saat ini.

Harga Tiket : 5.000

Apabila anda tertarik dengan tempat wisata ini, anda bisa kembali ke menu Beranda dan pilih "Ciptakan sendiri Paket yang anda inginkan" di box Pilih Paket Wisata sebelah kanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar